Jumat, Juni 03, 2011

My Approach to Blogging

Selamat Datang di Blog Amatir!

Saya sedang belajar membuat blog. Masih "trial and error". Terus terang, lebih banyak waktu tersita bukan untuk menulis content blog ini, tetapi justru untuk mengutak-atik, bongkar pasang tentang bagaimana cara menampilkan blog yang baik, supaya lebih enak dilihat dengan navigasi yang mudah. Dalam rangka belajar itulah, seringkali saya 'tersesat' sampai pusing sendiri. Padahal, yang saya butuhkan adalah blog yang simpel saja, karena saya lebih menginginkan isi-nya yang lebih banyak, lengkap dan bermanfaat bagi Anda.


Sahabat, saya tidak mempunyai latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidang internet atau teknologi informasi (TI). Sama seperti kebanyakan pengguna awam: seorang pemula yang masih amatir. Dan karena itu, masih serba meraba-raba. Jadi, sangat saya harapkan masukan dan saran dari Anda, baik mengenai tampilan maupun isi blog ini.

Keinginan saya adalah memanfaatkan secara optimal kemajuan teknologi informasi (IT) --yang dari tahun ke tahun berkembang dengan pesat-- agar bisa membantu proses transmisi gagasan diantara kita sehingga bisa berlangsung dengan cepat, menjangkau khalayak yang seluas mungkin. Memang banyak gagasan, yang berdesakan di dalam pikiran untuk segera dituliskan. Meski (setelah dituliskan) saya menyadari: tidak semua gagasan itu bagus. Malah bisa jadi, merupakan ide yang jelek dan sangat buruk. Bahkan, boleh jadi menyesatkan (?) Darimana saya tahu sebuah gagasan itu baik atau buruk? Justru dari Anda. Ya, benar dari Anda yang berkunjung ke blog ini dengan atau tanpa memberikan komentar.

Sahabat, seperti yang Anda lihat, blog yang masih sangat sederhana, memang baru saya buat sekitar 3-5 bulan lalu. Meskipun beberapa tulisan ada yang sudah terdokumentasikan jauh sebelum itu. Saya sangat senang, jika ternyata tulisan yang ada di blog ini, ada yang membaca. Ada yang datang berkunjung, yang dari hari ke hari semakin banyak. Tidak saja dari Indonesia tetapi juga dari beragam sudut negeri di muka bumi ini. Itulah yang membuat saya tetap bersemangat, terus bertahan untuk selalu meng-update blog ini!

Anda boleh percaya atau tidak. Tetapi benar, saya tidak mengenal teknik promosi di internet. Tidak juga tahu apa itu SEO (search engine optimization). Jadi, saya berkesimpulan, mereka yang datang ke blog ini, bisa terjadi hanya karena dua hal: Pertama, Anda memang salah klik atau terperosok hingga terdampar di blog ini. Kedua, karena Anda mengetikan beberapa kata kunci di mesin pencari yang kemudian mengarah ke blog ini. Itu saja.

Terkait dengan tampilan blog, saya merasa belum menyerah. Bahkan ingin secara konsisten memperbaikinya, dengan cara saya sendiri: mencari, mencoba (bisa berhasil atau gagal). Maka, tidak usah heran, jika tiba-tiba saja Ooooppps...blog ini menghilang...atau berantakan, atau kemudian muncul lagi berubah 180%. Tetapi saya berharap, hal seperti itu tidak terulang lagi dan blog ini bisa eksis selamanya. Tentu saja, sepanjang Anda masih menyukainya.

S a l a m

Tidak ada komentar: