Selasa, Maret 15, 2011

ABOUT THIS BLOG

Pembaca Yth,

Terimakasih telah berkunjung!

Pernahkah Anda berada di suatu tempat,  jika melihat ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan, bahkan ke  sekeliling Anda yang terlihat adalah AIR dan hanya AIR? Sepanjang mata memandang hingga jauh ke batas ufuk sana...hanya permukaan air yang (tampak) berbatasan dengan horison di kaki langit. Itulah samudera. 

Dari titik manapun Anda berada sekarang, kemudian Anda bergerak ke sembarang arah,  maka pada akhirnya Anda hanya akan tiba di laut. Lautan inilah yang justru jauh lebih luas, lebih besar dari pada tanah tempat kita berpijak sekarang. Dan wilayah yang maha luas itu, masih menyimpan misteri untuk disingkap dan dieksplorasi secara optimal bagi kesejahteraan kita.

Saya tinggal di Indonesia yang lebih dari 2/3 wilayahnya adalah lautan. Bahkan daratan-daratan besar dan kecil yang disebut pulau berjumlah lebih dari 17,000 buah itu, berserakan terpencar seperti mosaik indah diantara dua samudera besar: Pasifik dan Hindia. Negeri kepulauan ini juga dilindungi gugusan-gugusan  benua besar, yang melindungi warganya dari amukan badai laut. Inilah tempat terbaik di dunia untuk berlayar.  

Filosof besar asal Yunani, Plato (427 - 347 SM) pernah menggambarkan suatu wilayah yang sangat indah, dengan daratan bersabuk emas dan mutu manikam di dalamnya. Alamnya sangat subur yang memungkinkan lahir, tumbuh dan berkembangnya peradaban manusia dengan tingkat kebudayaan tinggi yang disebut sebagai benua Atlantis. Namun Atlantis kini menghilang seiring dengan fenomena alam mencairnya lapisan es di kutub utara, yang menenggelamkan sebagian besar daratan yang pernah ada! 

Tanah Air Indonesia di masa lalu, bisa jadi adalah bagian dari apa yang disebut Plato sebagai misteri Atlantis yang hilang lebih dari 2000 tahun silam itu, karena Indonesia adalah sebuah surga eden, yang sesuai dengan kriteria Plato. 

Saya tidak bermaksud berlebihan. Tetapi tanah berikut sungai dan perairan yang luar biasa serta iklim yang nyaman ini lah, yang paling memungkinkan bagi tumbuh dan berkembangnya sebuah negeri di mana penduduknya makmur dan sejahtera dengan tingkat peradaban yang tinggi, dibandingkan kawasan lain di bumi ini yang memiliki suhu dan iklim yang ekstrem. 

Sayangnya, perairan Indonesia yang memiliki keanekaragaman hayati di  dasar lautnya, masih belum banyak disentuh. Begitu juga, dengan ribuan pantai yang indah nan eksotik di berbagai pulau, yang menanti siapa saja yang (datang, menetap atau singgah  sementara)  di Indonesia untuk di jelajahi dan dieksplorasi lebih jauh.  

Melalui blog ini, saya ingin mengajak Anda (melihat dan pergi) ke Laut. Dari gagasan sederhana inilah INDONESIA WATERS di buat. Bukan tentang laut tetapi tentang manusia yang berada dan tinggal di dekatnya. Seperti Pelayaran, Petualangan Bahari, Kapal Tradisional, dan bagaimana kita menghadapi Bencana air dari laut. 


Singkatnya, blog ini bercerita tentang air yang mengelilingi kita, hingga AIR MINUM yang mendominasi jagad mikro di dalam tubuh kita. Termasuk institusi publik di Indonesia yang mengurus dan mengelola masalah pemasokan dan distribusi AIR MINUM. Namun, tak bisa dihindarkan juga sesekali saya menulis beberapa sketsa sosial yang terjadi di Indonesia.

Semua Ide, Pengalaman dan Opini yang ditulis dan di upload di blog ini dimaksudkan untuk berbagi dengan Anda, dengan cara penulisan populer yang non fiksi. Sumber yang saya gunakan di dalamnya berasal dari berbagai  bahan yang berserakan, kemudian di kompilasi, di analisis dengan tambahan (sedikit) hasil refleksi. 
Tidak semua isi blog ini merupakan karya saya sendiri, tetapi juga berasal  dari karya tulis orang lain. Dan Anda dengan mudah dapat menemukan sumber yang saya gunakan di dalam penulisan blog ini. Harapan yang sama juga saya tujukan kepada Anda yang berminat dengan materi yang ada di blog ini,  silahkan di download dan dipergunakan dengan mencantumkan sumbernya.
Silahkan tinggalkan komentar, kesan, kritik atau apa saja meskipun untuk sekedar 'say hello'. Saya berharap tanggapan Anda dapat: meluruskan, mengoreksi atau memperkaya isi tulisan. sehingga akan sangat membantu saya dalam meng-update isi serta tampilan blog ini di masa mendatang agar lebih bermanfaat bagi pembaca lain yang datang kemudian.
Semoga menjadi inspirasi bagi Anda.


About Me: 
Saya lahir di Tasikmaslaya, sekolah di Bandung, bekerja di Jakarta dan menetap di Bekasi. Pernah bekerja lebih dari 10 tahun di bidang jurnalistik sebagai wartawan untuk beberapa media cetak nasional. 


Setelah itu, beralih profesi ke bidang : Public Relations, Marketing and Communication. Kemudian memutuskan untuk bekeja paruh waktu sebagai tenaga ahli (Individual Consultant) pada berbagai lembaga/institusi nasional dan asing.Termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (NGO).  Namun, selalu saja ada kerinduan untuk kembali ke dunia jurnalistik. Akhirnya, mulai pertengahan Maret 2014 kembali bergabung bersama beberapa teman dan seorang wartaran Senior untuk merintis sebuah suratkabar nasional di Jakarta.   


Pengalaman menarik, antara lain pernah mengikuti pelayaran muhibah bersama kapal latih KRI Dewa-Ruci ke beberapa negara di kawasan Asia, yang menimbulkan ketertarikan saya terhadap dunia kelautan. Selain itu, pernah juga bekerja untuk sebuah majalah internal di bidang penyediaan, pemasokan dan pendistribusian Air Minum di Indonesia. Pernah menulis buku di bidang Kelautan dan AIR MINUM serta tentang Motivasi, selain menulis artikel untuk media massa. 
Minat saya antara lain: membaca, menulis, bepergian ke tempat baru, bridge (kontrak), bermain musik (band), tanaman dan binatang peliharaan. Saya memiliki banyak teman dari berbagai kalangan. Dan senang berteman dengan siapa saja tanpa memandang asal-usul, suku, ras, golongan, pandangan politik. Bahkan agama dan kebangsaan. Anda dapat menemukan saya pada beberapa jejaring sosial yang saya ikuti, seperti di facebook.com; twitter.com; myspace.com; linkedin.com.


Baru beberapa bulan terakhir ini saja, saya gandrung dengan blogging. Karena itu, melalui blog INDONESIA WATERS, saya ingin berbagi (pengetahuan dan pengalaman) dengan Anda. 


Sekali lagi, terimakasih telah berkunjung ke blog INDONESIA WATERS. Dan mohon, tinggalkan pesan Anda demi perbaikan isi dan tampilan blog ini pada masa mendatang.

Saya berharap Anda sukses pada bidang profesi dan lapangan kerja  apa pun dan di mana pun kini Anda berada.


Salam,


Semy Havid
semyhavid@gmail.com 

http://IndonesiaWaters.Com


Tidak ada komentar: