Jumat, Juli 10, 2015

Gowes: Antara Fun, Fancy and Modist

Apa yang membuat orang ketagihan bersepeda? Ternyata, bergowes ria bukanlah sekadar sport. Ia adalah gabungan fun, fancy and modist. Betapa tidak, ketika kita meluncur di jalan raya, Anda harus tampil menyolok, seterang-terangnya. Ini dihasilkan dari pakaian yang kita kenakan. Gunanya, supaya pesepeda mudah terlihat oleh para pengguna kendaraan lain, dan Anda tidak mudah tertabrak dengan sengaja.

Jadi, perkara pakaian dengan warna moncreng, yang semula tidak saya sukai, mau tidak mau kini kita senangi karena ia berperan membantu keselamatan kita.

Selain itu, jenis bahan kain yang digunakan, hendaknya yang dapat menyerap keringat dengan model dry fit alias tidak meningalkan bekas keringat menempel di badan dalam waktu yang lama, tetapi keringat yang keluar akan segera kering tatkala pakaian itu terkena hembusan angin.



Hal penting lainnya, dalam pemilihan pakaian adalah hendaknya jenis dan model pakaian yang kita kenakan yang membantu meringankan badan kita ketika melaju di jalan raya. Bukan sebaliknya, pakaian yang menghambat laju percepatan sepeda kita, maka hendaknya kita pilih model pakaian yang menempel ketat di badan agar aerodinamis atau memuluskan jalannya aliran angin ketika ketika kita menerjangnya.

Seorang teman yang memang hobby balap sepeda, membisikkan sebuah tips penting, kalau kita bersepeda balapan, hendaknya kita 'menempel' di dekatnya supaya kita tidak perlu menerjang angin biarkan dia lebih dulu 1-2 meter berada di depan kita, manfaatkan ruang kosong yang dia sibak untuk kita isi, sehingga kita tidak perlu menguras banyak tenaga, tetapi berhematlah dalam menggunakan energi kita, namun pandangan tetap waspada ke depan dan segera genjot habis tatkala mendekati garis finish. Itulah tips yang belum pernah saya gunakan....hehehe.

Harus diakui, jenis pakaian yang bagus dalam arti mendukung kita meluncur mulus di jalan raya, adalah dari jenis jersey import, tapi yang lokal pun kita sudah banyak yang mendekati fungsi-fungsi sporty yang mendukung laju percepatan dan keamanan bersepeda.

Kini semakin banyak ragam jersey dengan material bahan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan desain dan pilihan warnanya. Bagi para pesepeda profesional, jersey sepeda memiliki arti dan fungsi lebih dari sekedar pakaian bersepeda. Para pesepeda pro biasanya memakai jersey dengan desain dan warna sesuai dengan sponsor, nama klubnya, dengan kombinasi warna-warni favorit pembalap sepeda yang mengenakannya. Selebihnya, bisa jadi salah satu kebanggaan pemakainya.

Itu baru satu aspek baju, belum lagi celana, sarung tangan, kaca mata, helm, dan sepatu. ada beragam jenis dan model dengan aneka warna. Jangan lupa, ada pula penutup kepala atau buff yang kita perlukan untuk menahan laju keringat yang mengucur deras ketika bersepeda supaya tidak langsung masuk ke mata.  Serta pelindung tangan seperti manset untuk menahan sengatan sinar matahari, Dan yang tak kalah penting, kita butuh kacamata untuk beragam kondisi cuaca.

Singkat cerita, inilah unsur pernak-pernik  fancy dan modist yang kini menjadi trend. Tak cuma gaya tetapi juga ada alasannya untuk bergaya, dan yang terutama adalah untuk mendukung unsur percepatan, endurance dan safety.

Tidak ada komentar: