Sabtu, Maret 03, 2012

10 Tips Meningkatkan Kemampuan Anda Menulis Artikel

Tidak ada jalan pintas untuk bisa menulis artikel dengan baik. Kemahiran menulis adalah tentang To-Do, berbuat sesuatu atau masalah 'melakukan'. Dengan kata lain, sangat tergantung kepada sebesar apa dan sekuat apa Anda berlatih menulis, menulis dan terus menulis. Berikut ini 10 kaidah atau aturan, yang akan membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel dan membuat proses menulis menjadi lebih mudah.
1. Baca artikel orang lain - Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda sendiri, apakah itu menulis artikel, tulisan populer atau fiksi, adalah dengan membaca tulisan/karya orang lain. Jika Anda hanya berfokus pada tulisan Anda sendiri, maka Anda akan ketinggalan. Tulisan Anda akan terasa basi dan terbatas. Anda perlu meningkatkan kreativitas dan imajinasi Anda dengan membaca artikel orang lain.
2. Menulis, menulis dan terus menulis - Tidak ada binaragawan yang menjadi kuat dengan hanya memikirkan tentang bagaimana mengangkat beban. Jika Anda ingin memperkuat keterampilan menulis dan mengembangkan kemampuan menulis, maka yang Anda perlukan hanya berlatih menulis. Menulis sebanyak yang Anda bisa, menulis sesering Anda bisa. Tidak ada keharusan menulis artikel untuk dipublikasikan. Terkadang Anda mungkin menulis untuk mengungkapkan pengalaman pribadi Anda sendiri. Namun, semakin sering Anda menulis, kemungkinan tulisan Anda akan semakin baik.
3. Perhatikan umpan balik. Jika Anda mengirimkan artikel ke sebuah media, kemudian artikel Anda ditolak karena alasan apapun, Anda tidak perlu merasa berkecil hati, karena Anda baru saja diberikan saran gratis tentang cara untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel Anda sendiri. Bacalah komentarnya dan coba perhatikan apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda pada waktu berikutnya. Penolakan artikel Anda, harus dianggap sebagai kesempatan belajar, bukan kegagalan.
4. Mengoreksi.  Ini menakjubkan, betapa banyak artikel yang ditolak karena alasan konyol: karena kegagalan dalam  mengoreksi. Banyak orang tidak tahu mengapa kualitas artikelnya tidak mengalami peningkatan. Fakta bahwa terjadi kesalahan dalam  ejaan, seperti  dalam judul tulisan adalah salah satu alasan utama. Jika Anda tidak memeriksa tulisan Anda, maka tidak ada yang menunjukkan, betapa tidak menarik dan tidak pentingnya  tulisan Anda.
5. Mulailah dengan judul. Terkadang dengan mulai menulis judul, akan sangat membantu kelancaran menulis. Banyak penulis artikel yang melakukan hal karena sudah biasa, tetapi adapula yang menulis judul di bagian akhir, setelah tulisan jadi. Jika Anda salah satu dari yang terakhir, maka kemudian Anda akan menemukan tulisan Anda memerlukan banyak koreksi karena kurang atau bahkan tidak fokus. Maka, sebaiknya Anda terlebih dulu menulis judul, untuk membantu Anda lebih fokus dalam bekerja. Pemusatan perhatian sangat membantu dalam meningkatkan kualitas artikel Anda.
6. Menciptakan struktur.  Seringkali setelah Anda menulis sebuah artikel, tulisan itu terasa hambar, melantur ke mana-mana, menyerang ke segala arah. Dengan kata lain,  tidak terfokus. Cara yang baik untuk meningkatkan kualitas artikel Anda adalah dengan memperketat fokus perhatian Anda. Maka Anda perlu bekerja dengan memperhatikan struktur tulisan. Entah merencanakan struktur sendiri, atau menggunakan struktur template yang tersedia di web (seperti yang tersedia di EzineArticles.com) untuk membantu mempertajam artikel Anda. Buatlah kerangka tulisan, untuk membantu Anda agar gagasan Anda tidak lari kemana-mana ketika Anda tengah menulis. 7. Lupakan inti materi  tulisan. Salah satu alasan utama mengapa banyak artikel yang gagal dalam mempengaruhi/diterima pembaca, karena Penulisnya lebih terfokus kepada inti materi tulisannya daripada kepada Pembacanya. Cobalah menulis artikel Anda, dengan benar-benar melupakan tentang materi dan kata kunci Anda. Anda akan terkejut betapa tulisan Anda bisa lebih terfokus pada sudut pandang subjek pembaca dengan baik ,sehinga tulisan Anda terasa lebih mudah dan enak diterima pembaca.
8. Fokus pada pembaca Anda. Cobalah cetak sebuah foto seseorang atau sekumpulan orang dari internet, kemudian tempelkan di depan monitor Anda. Sekarang Anda mulai menulis artikel, tetapi sambil terus memandang foto dan melihat mata mereka. Bayangkan mereka adalah satu-satunya atau beberapa pembaca Anda. Dan Anda sedang menulis langsung untuk mereka. Ini akan membuat artikel Anda 'berbunyi' dengan suara yang lebih asli, lebih tulus, dan lebih fokus pada pembaca Anda.

9. Jadilah diri sendiri. Terlalu sering Penulis artikel yang mencoba meniru gaya penulisan seperti yang mereka baca dalam artikel karya orang lain.Tidak. Setiap orang memiliki suara alami mereka sendiri. Dan jika Anda mencoba untuk menulis dalam gaya yang tidak alami, seluruh artikel akan terdengar tidak wajar. Temukan gaya Anda sendiri.10. Variasi adalah bumbu tulisan. Tulisan kita bisa tampak basi, hambar dan 'kering'. Jadi cobalah berbagai gaya penulisan. Misalnya, mengapa tidak menulis artikel seolah-olah itu merupakan wawancara dengan seseorang? Jika Anda selalu menulis sebagai orang ketiga, cobalah menulis dalam orang pertama. Jika Anda biasanya sangat serius, cobalah memasukkan sedikit humor. Memvariasikan berbagai gaya dan pendekatan dalam menulis artikel akan sangat membantu meningkatkan kemahiran menulis.Kaidah ke-11 dari 10 cara untuk meningkatkan keterampilan menulis: cobalah menulis di tempat yang berbeda. Jika Anda memiliki laptop, mengapa tidak pindah dari meja Anda dan duduk di luar, di kebun atau di taman? Ingatlah, menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan. Usahakan Anda bisa menulis secara nyaman dan  alami. Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda sendiri dengan mencoba salah satu saran atau beberapa saran di atas. Selamat mencoba!Diadaptasikan dari: DirectFreelance.Com

Tidak ada komentar: